Peran Sistem CRM dalam kegiatan bisnis sangatlah penting. Sistem CRM berfungsi untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Tanpa adanya Sistem CRM, bisnis Anda akan sulit untuk berkembang. Hal tersebut dikarenakan Sistem CRM yang akan membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan dari sebuah bisnis.
Sistem CRM (Customer Relationship Management) adalah cara yang dilakukan sebuah bisnis untuk berhubungan dengan pelanggan, baik pelanggan lama atau baru. CRM ini memungkinkan Anda untuk dapat melakukan transaksi dengan pelanggan lebih dari satu kali. CRM ini bisa Anda jadikan sebagai strategi perusahaan agar mampu berkembang dan bersaing dengan perusahaan lain. Sebagai pebisnis profesional, Anda harus bisa membangun hubungan yang baik dengan semua pelanggan.
CRM sangat penting untuk diperhatikan dalam mendukung pengembangan bisnis. Apabila Anda mampu mengaplikasikan CRM dengan baik, maka memudahkan Anda mendapatkan pelanggan baru ataupun mempertahankan pelanggan lama. Meskipun kemungkinan bertahan dan bertambahnya pelanggan tidak dapat terjamin 100%, namun setidaknya Anda mampu menganalisis kebutuhan dan keinginan pelanggan. Pastikan Anda memberikan penawaran yang menarik perhatian pelanggan. Hal tersebut bisa Anda lakukan jika menjalankan fungsi CRM dengan baik dan tepat.
Lalu, apa saja keuntungan yang dirasakan jika Anda menerapkan CRM pada bisnis Anda? Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapat dari penerapan CRM yang baik dan tepat.
Keberhasilan dari suatu bisnis tergantung dari jumlah pelanggan yang didapatkan. Persaingan bisnis saat ini sangatlah ketat, sehingga Anda dituntut untuk mampu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk Anda. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menerapkan sistem CRM. Pada dasarnya, target utama dari CRM adalah meningkatkan loyalitas pelanggan. Namun, Anda sebagai pebisnis harus mampu memahami keinginan pelanggan. Dengan adanya sistem CRM, data pelanggan akan tersimpan pada database komputer Anda. Jadi, Anda bisa mengetahui hal-hal yang sedang dibutuhkan oleh pelanggan tersebut. Jika Anda mampu mewujudkan keinginan pelanggan, maka berpeluang besar pelanggan akan setia dengan produk Anda.
Sistem CRM sangat bermanfaat untuk penghematan biaya, terutama biaya promosi dan biaya operasional lainnya. Melalui sistem CRM, setiap produk yang ingin Anda jual dapat secara otomatis dikampanyekan kepada pelanggan. Selain itu, CRM juga dapat melakukan pelayanan dengan cepat dan mudah, bahkan bisa mengetahui kebutuhan pelanggan secara spesifik. Hal ini tentunya akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan operasional bisnis Anda.
Poin paling penting dalam suatu bisnis adalah menghasilkan profit sebesar-besarnya dengan kualitas yang baik. Penggunaan sistem CRM mampu meningkatkan pendapatan Anda. Hal tersebut dikarenakan sistem CRM mampu melakukan pelayanan secara global melalui website. Oleh karena itu, pendapatan dari penjualan pun akan meningkat karena bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan mudah.
Memahami pentingnya CRM akan memberikan nilai tambah yang besar bagi bisnis Anda. PT Omind Muda Berkarya Indonesia sebagai perusahaan IT Consultant, membuat sebuah sistem CRM untuk Perusahaan Lightrees Group. Sistem CRM ini merupakan sebuah sistem informasi terintegrasi yang digunakan untuk perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian. Aktivitas yang berhubungan dengan ketiga hal tersebut yaitu aktivitas-aktivitas pra-penjualan dan pasca-penjualan dalam sebuah organisasi maupun perusahaan. Oleh karena itu, penggunaan sistem CRM memudahkan perusahaan dalam merekam seluruh aktivitas dan perolehan informasi secara Realtime.