Case Details

Peningkatan Pelayanan Dengan Chatbot

BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertanggungjawab kepada Presiden dimana BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja Indonesia baik sektor formal maupun informal dan orang asing yang bekerja di Indonesia sekurang-kurangnya 6 bulan.

Peningkatan Pelayanan Dengan Chatbot – Di era digital saat ini, chatbot memiliki peran penting dalam menjalankan suatu bisnis yang berhubungan dengan layanan jasa atau produk yang membutuhkan interaksi dengan pelanggan. Chatbot atau chatterbot adalah salah satu tool terbaru dalam pemasaran digital. Pemanfaatan teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) chatbot akan merespon, baik pertanyaan atau keinginan pelanggan secara natural, sesuai kata kunci atau keadaan tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Meskipun Chatbot cukup pintar dalam menarik pelanggan potensial. Lalu dapat memastikan layanan pelanggan dan penjualan menjadi lebih praktis, tanpa perlu membuang waktu dan sumber daya. Namun, masih terdapat beberapa keterbatasan kemampuan chatbot, sehingga pada kondisi tertentu membutuhkan manusia untuk melakukan penanganannya.

Fungsi dan Manfaat Chatbot

Sistem penjualan dan pemasaran terus mengalami perkembangan di era digital teknologi. Hampir semua strategi pemasaran tradisional telah menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi seiring kemajuan zaman. Adapun dapat dilihat fungsi dan manfaatnya dalam peningkatan pelayanan dengan chatbot antara lain sebagai berikut:

Sebagai Pusat Pelayanan Informasi Terkait Produk atau Brand

Peningkatan pelayanan dengan chatbot, Chatbot dapat menjadi penghubung antara pelanggan dan penyedia layanan. Chatbot diatur sedemikian rupa sehingga mampu menjawab pertanyaan umum yang diajukan pelanggan dengan tepat. Secara tidak langsung, chatbot dapat dikatakan mampu mengambil alih beberapa fungsi umum dari customer service. Contohnya PT Omind Muda Berkarya Indonesia pernah membuat sistem chatbot untuk BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten.

Peningkatan Pelayanan Dengan Chatbot

Website BPJS Ketenagakerjaan

Pada saat pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang mengurus BPJS sehingga banyak chat atau pesan yang masuk ke BPJS. Chat dari masyarakat membuat customer service BPJS Ketenagakerjaan kewalahan dalam melakukan penanganan seluruh chat yang masuk. Selain itu, chatbot ini berfungsi untuk mengetahui proses dan info seputar pelayanan yang terdapat di website dan aplikasi BPJS ketenagakerjaan. Oleh karena itu, dengan adanya chatbot ini begitu memudahkan pekerjaan customer service untuk menjawab pertanyaan yang sama dari masyarakat. Secara lebih lengkap dapat dilihat fitur chatbot pada website BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten. 

Asisten Belanja E-commerce untuk Meningkatkan Penjualan

E-commerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Meskipun sarananya meliputi televisi dan telepon, kini e-commerce lebih sering diakses melalui internet. E-commerce terbukti berfungsi memudahkan pebisnis dalam mengembangkan usaha dan menjangkau target pasar yang lebih luas.

chatbot

Belanja di E-Commerce

Seiring dengan peningkatan infrastruktur dan teknologi, jumlah permintaan yang diuraikan chatbot mengalami peningkatan. Misalnya chatbot sudah memiliki kemampuan untuk bertindak layaknya salesman atau tenaga penjualan. chatbot dapat memperkenalkan pembeli pada suatu produk ataupun layanan yang tersedia, mencarikan produk yang diinginkan pelanggan, dan mencatat pesanan pelanggan. Hal tersebut menjadi cara terbaik bagi bisnis untuk mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan. Misalkan biaya operasional, biaya customer service, sekaligus dapat memberi pengalaman baru bagi pelanggan sehingga berdampak pada meningkatnya penjualan.

Menghasilkan Leads untuk Mendapatkan Pelanggan Potensial

Bisnis di seluruh industri menyadari bahwa penjualan, pemasaran, dukungan pelanggan, dan produksi bukanlah bagian yang terpisah. Semua terhubung untuk menghasilkan pendapatan bagi perkembangan perusahaan. Hal tersebut yang membuat tim lintas fungsi atau cross-functional team menjadi arsitektur bisnis terbaru.

Pada digital marketing, semua saluran atau media dapat digunakan untuk saling berkolaborasi demi menghasilkan leads dan pendapatan dari penjualan. Chatbot berperan penting dalam situasi tersebut karena dapat digunakan pada berbagai saluran digital untuk mengumpulkan informasi pelanggan yang berinteraksi dengannya. Informasi yang dimaksud seperti nama, alamat email, nomor telepon, usia, jenis kelamin, serta informasi kesukaan pengunjung terhadap suatu produk.

Meningkatkan Brand Engagement di Media Sosial.

Dalam hal peningkatan pelayanan dengan chatbot, Script chatbot dapat dimodifikasi untuk beradaptasi dengan bahasa tertentu mengikuti tren yang sedang berlangsung. Kemudian sekaligus dapat disesuaikan dengan saluran media sosial yang digunakan. Artinya, chatbot  juga dapat digunakan di beberapa media sosial. Contohnya chatbot di halaman Facebook Burger King yang memungkinkan pengunjung untuk melakukan pemesanan produk.

 

Oleh karena itu, kemampuan teknologi chatbot diprediksi akan terus bertumbuh seiring berjalannya waktu dan digitalisasi di berbagai industri. Dapat disimpulkan bahwa teknologi chatbot tidak akan menggantikan kemampuan manusia. Namun chatbot dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan untuk memaksimalkan keuntungannya di tengah pandemi Covid-19. Dengan demikian apabila kamu membutuhkan chatbot untuk perkembangan dan kemudahan dalam bisnis yang sedang dijalankan. Maka Omindtech.id menyediakan jasa pembuatan chatbot, selengkapnya kamu dapat menghubungi kami melalui nomor WhatsApp: 0822-7636-3872 atau melalui email admin@omindtech.id. Semoga bermanfaat dan terimakasih.